Best Default Wallpaper Ever : Ubuntu


Apa wallpaper standar terbaik distro linux yang beredar di dunia sekarang?Jawabannya pasti beragam. Begitu juga saya, default wallpaper terbaik ubuntu menurut saya adalah yang dipajang di Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex yang kesannya magis gitu… kalo anda… belum tentu sama dengan saya…

 

NB :

 

Zamprox : Linux ISPCE Alternative


gara-gara postingan ini dan ini nemu zamprox disini . Apasih Zamprox??Zamprox itu pengganti ISPCE di linux.. apa itu ISPCE??? ;- ane pulang deh…
Nah, si zamprox ini pake java jadi multi os, asal java jre nya udah keinstall. Kalo belum, ya install dulu, caranya… gugling deh.. hehe

nih sekedar skreensut dari si zamprox, bisa ga atau efektif kagaknya ane ga tau.. hehe

Nyobain Install Pake FAI


Pada tau FAI ga? kalo ga tak kasih tau deh… hehe

Secara umum FAI alias Full Automatic Installation adalah installer linux yang menginstall distro linux tanpa proses interaktif alias, sekali proses ga ditanya-tanya lagi. Tahunya selesai proses instalasinya. Lha, piye konfigurasi sistem, terus paket yang di install terus user dan password, jawabnya di setting duluan lewat FAI nya, jadi ketika install ga perlu repot lagi buat nyetting ini dan itu.

Lha kalo begitu repot dong, sama semua konfigurasinya, lha memang kok, FAI ini di tujukan buat instalasi masal, biar ga repot-repot lagi… hehe.. dan  jangan meremehkannya lho, FAI CD digunakan untuk proses instalasinya Limux lho. Masih pengen coba, hasil instalan pake FAI. Begini caranya :

1. main ke fai-project.org , terus donlot FAI-CD nya (udah mendukung Debian Squeeze,CentOS 6, dan Scientific Linux Cern)

2. udah itu, burn atau masukin ke USB, kalo ga coba di vbox juga ga masalah.

3. boot ke usb atau cd, terus ikutin panduannya.

4. pilih salah satu, misalnya yang nomor 2, yang with xfce terus enter, akan ada ditanya username :grub, dan passwordnya : installme

5. udah itu tinggal tunggu sampe selesai.

6. kalo sudah selesai, tinggal reboot dan lepas cd/usb installer ente, dan akan masuk ke grub seperti biasa, lalu masuk gdm.( jangan lupa username nya demo, passwordnya fai, pass rootnya juga fai)

woke.. anda sudah menginstall Debian/Linux Squeeze with FAI, congratulation.. prok prok prok

NB : ini make fai-cd debian 6, di install di vbox 4.1.12 dgn host xp sp 3

sumber :

Installing ISPCE on Debian Linux


Ternyata postingan tentang ISPCE di linux mendapat hit yang lumayan juga ya, yang komentar juga lumayan banyak, nanya cara install- nya sih.. hehe. Padahal gampang lho, tinggal install wine, donlot ISPCEnya, terus jalanin installer ispcenya pake wine, terus muncul step-step persis ketika install ispce di windows. Setelah selesai, jalanin ispcenya di terminal, buat ngecek ada ga dependensi winenya yang kurang. Kalo ada (biasanya sih file .dll), cari file yang dimaksud di internet, donlot terus, ekstrak dan taro di folder /home/demo(nama-user-ente)./wine/windows terus coba jalanin lagi ISPCE nya.

Kalo masih ada masalah, liat lagi di terminalnya, ada pesan eror lagi ga? Masih butuh file .dll lagi ga? Agak ribet kalo make linux yang 64 bit, karena WINE masih nyupport 32 bit tok.

Mau liat skreenshootnya? Taro imel di komen, nanti tak kasih liat… hehehe (cerita nya lagi jual mahal nih… hehehe…)

NB : sukses di install di Debian skuis, pake vbox, Cuma nambah wine sama file dll satu buah…

Ini lanjutan postingan ini

sebenernya sih ada juga alternatif nya ispce di linux, namanya zamprox, bisa liat disini dan disini

Nambah Berkas dari Dropbox ke Group FB


Barusan dapet surat cinta nih dari dropbox, yang ngomong kalo berbagi berkas yang di simpan di dropbox ke grup FB sekarang gampang banget.

Tinggal masuk ke grup,

terus add file

terus pilih yang dari dropbox, nah nanti keluar permintaan permission buat app facebooknya dropbox

klo ente setuju, ente bisa nge browse folder dropbox ente, dan milih file mana yang mau di share ke gup.

tapi cuma satu ya. kan cuma berkas, bukan berkas berkas…

setelah itu tinggal di posting aja

ke posting deh di grup…. pastinya udah punya akun Facebook dan dan akun dropbox, dan berkas yang mau di bagikan ada di folder yang memang bisa buat di donlot, misal folder public.

klo yang belum punya silahkan daftar dulu disini http://db.tt/9i2fvak , free kok dan dapet free space 2 gb di dropbox…
wokee… siap berbagi…??? asal jangan berbagi berkas yang terlarang ya???

Windows 8 Released


Akhirnya datang juga…ups kayak ngiklan acara tipi nih…

yup akhirnya setelah ditunggu sekian lama dengan segala intrik dan kebocorannya, akhirnya di rilis juga…

Apanya sih yang rilis….. akhirnya pemirsa ingin tau juga ya… ya yang rilis itu OS terbarunya Microsoft. Pada tahu  kan? ga salah kok yang rilis si Windows 8…yang katanya membawa segala kebaikan dan meninggalkan keburukan-keburukan.

Hasil reviu techradar pun ga main-main,nilai nya 4,5 dari maksimal 5.. hebat ka. Pasti hebat bagi yang nunggu, tapi kalo bagi yang ga nunggu kayak saya ya biasa aja. Yang pasti Windows baru untuk PC baru alias ente pada mesti beli hardware baru kalo pengen nyaman make windows 8.gitu kira-kira dari iklan/released note nya Windows seperti gambar-berikut ini.

emang sih disini MS ngejelasin tentang Windows bisa di pake dimana-mana asal hardwarenya baru…hehe.

Fitur canggih lainnya adalah skydrive yang dipromosikan dengan jargon “your windows, everywhere”. kalo saya bilang sih Ubuntu dari dua tahun lalu udah punya Ubuntu One, yang sekarang malah desktopnya di sambungin ke amazon.. keren ga?? ga juga sih yang terakhir..hehe..nih gambar skydrivenya :

Terakhir apps storenya???sebenarnya Microsoft ini punya sambungan internet apa tidak ya?Model central application store alias repositori kan dari jaman debian belum bisa di install pake mode GUI pun udah di pake? lha ini di pajang jadi salah satu fitur andalan… halah-halah….

Jadi… bagi user windows, Windows 8 memang Amazing, tapi bagi saya kok biasa-biasa aja ya…

cee yuu….

met mimpi indah semua

NB : maaf ga bisa tidur… lagi orkesan hehe…

NB lagi : saya lebih nunggu rilisnya Slackware 14 lho…
sumber :

  1. techradar
  2. MS