Peraturan Menteri Keuangan No 22/PMK.05/2014 Tentang Rekening Milik Kementerian/Lembaga/Satker


Peraturan Menkeu yang ini emang rada telat keluarnya yak… saat SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) sudah live goes on, barulah terbit…hemmm tapi dapat dipahami juga sih kadang memang aturan-aturan setingkat Peraturan Menteri itu pembahasannya luaammma…
Setidaknya ini menjadi payung dari Perdirjen Perbendaharaan No 3 Tahun 2014 yang mengatur Bendahara Satker dan Pelaporannya kepada KPPN.
Memang sih, dengan PMK ini, Bendahara tidak banyak melakukan perubahan terkait dengan pelaporan seperti yang dilakukan menggunakan Perdirjen 03 tahun 2014 melalui SILABI, paling nanti yang berubah itu kewajiban melakukan rekonsiliasi rekening tiap triwulanan yang sebelumnya tidak diatur dalam Perdirjen No 3.
Kalau masalah ADK dan aplikasi memang sudah disiapkan semenjak perdirjen no 3 di laksanakan.
Sedangkan yang sedikit berubah adalah laporan Daftar Rekening yang disampaikan Satuan Kerja ke KPPN setiap bulan, kalau sesuai PMK kurang satu kolom yakni Transaksi terakhir.
Sedangkan kerja berat itu jika menyangkut SPAN yakni perubahan nama rekening yang dimiliki oleh Satuan Kerja. Yang berat bukan hanya di SATKER yang musti menyampaikan permohonan ke KPPN dan Ke Bank, akan tetapi juga Kepala KPPN selaku pihak yang harus melakukan proses perubahan nama rekening di SPAN.
Kenapa Kepala KPPN? karena memang yang melakukan perubahan data rekening itu menggunakan akun Kepala KPPN, dan musti satu-satu tidak dapat dengan unggah langsung gitu….
semoga dengan usaha penertiban Rekening ini, berita seperti tahun tahun lalu mengenai Rekening Liar di Pemerintah Indonesia dapat kita kurangi….

INT Test Day 9 : Update Status


itz showtime….kayak theme song nya KR Wizard ajah… iya dong saatnya unjuk gigi pas kebetulan tanggal nya cantik 12-12-12…

emang mo nunjukkin kebolehan apa sih… hehe.. ga ada sih…  cuma pengen ngasih gambaran aja. kalo tiap akhir hari setelah selesai melakukan test, kita kita harus update status duyu di web Collaboration Environmentnya Project Management. Isinya sih status skenario yang di test hari ini. sukses ga. ada defect ga…. nah inilah rekapnya…


INT Test Day 7 : GL Side


Posisi penjaga gawang emang posisi paling penting ya. Untuk menjaga biar ga ada bola yang bisa lolos ke gawang.
Begitu juga dalam pengembangan SPAN posisi terhormat ini diemban oleh tim modul Reporting dan GL. makanya merekaa yang paling serius pas integration test karena produk akhr dari semua transaksi berupa laporan keuangan dihasilkan dari mereka.

Fitur Unik di Debian Installer


Suka nyoba-nyoba distro linux? kalo iya pasti ga akan lengkap kalo belum nyoba salah satu distro tertua yang masih eksis, Debian OS.. iya ini salah satu distro tertua yang jadi panutan selain Slackware dan keluarga Redhat. Apasih asyiknya mainan debian? salah satunya adalah paket manajemennya yang yahud, dan model kontrak sosialnya serta panduan paketnya (DFSG)  nya yang jadi model bagi Open Source Initiative (OSI) buat ngerancang lisensi-lisensi yang bisa dikategorikan sebagai lisensi open source.

Nah, dulu, 6 taun lalu, proses instalasi Debian itu termasuk susah… tapi sekarang, sudah gampang banget kok.. dan kalo milih GUI installer, ada fitur yang unik di Debian-installer, yakni ada menu screenshot, yang fungsinya buat ngambil gambar proses-proses instalasi, yang biasanya agak susah. Tampilannya ada di pojok bawah, kayak gambar ini :

Nah, hasil nya lari kemana, larinya ke direktori /var gambar berikut ini :

Jadi, abis selesai install jangan reboot dulu, tapi pindahin dulu hasil screenshootan ke tempat lain… monggo dicoba…..

NB :

 

  • Officeil by