10 Linux Desktop Modder Gallery ala kaskus.us


Siapa yang merasa ga mau nyoba distro GNU/Linux karena tampilannya yang ga enak diliat harus melihat desktop desktop hasil modifikasi teman-teman di forum kaskus.us deh, yang di fasilitasi di Kaskus Linux Desktopoholic Club yang diasuh oleh skystrife. Nah, berikut ini adalah 10 galery desktop linux hasil modifikasi para kaskuser yang menurut saya paling oke dan unik, silaken menikmati…

1. iBuntu by freeazy

2. conky-attack by ellazul

3. Ubuntu Goes Black & White by Click182

4. lonely_cat by tuxo

5. glassified by ohyesohnobaby

7. no more gnome by maman.lalilu

8. pohon kristal by yuginta

9. Ubuntu Attack by Ceroberoz

10. orange mix by yashutorie

Perbedaan utama modding desktop linux dengan windows maupun mac adalah pilihan yang akan dimodifikasi di linux lebih banyak, dari theme GTK sampai icons dll.akan tetapi, kebanyakan memang memerlukan sedikit pengetahuan tentang apa yang akan di modifikasi. sebagai contoh, jika ingin memodifikasi GTK theme, paling tidak harus tahu XML dan spesifikasi thema standar GTK, atau kalo pengen modifikasi conky , mesti baca dokumentasi nya conky sekaligus belajar lua.

selain itu, pilihan Desktop Environment (DE) dan atau Window Manager (WM) juga mempengaruhi bagaimana dan apa yang dapat dimodifikasi. Dari Kesepuluh desktop diatas, paling tidak mewakili beberapa aliran modifikasi di linux, tergantung dengan pilihan DE/WM, apa yang dimodifikasi, dan paket apa yang digunakan untuk mempercantik tampilan desktop anda.

Maka, ayo modifikasi desktop linux anda.

sumber :

1. KLDC

Mengubah Tema GDM3


Bosen sama tampilan gdm3 yang itu -itu aja?kayak defaultnya squeeze yang kayak gini?

dan pengen ganti gambarnya dengan foto kita? bisa ga sih?susah ga sih?Katanya sih emang agak susah untuk mengganti gambar dan tema GDM 3, karena harus edit confignya secara manual. Nah untuk bisa edit file konfigurasi tersebut harus jadi superuser dan file konfigurasinya cukup tersembunyi. Nah untuk Debian Squeeze dan keluarga kayaknya sama begini deh.. :

1. edit file /usr/share/gdm/greeter-config/20_debian sebagai root dengan mengetik ini di terminal

sudo gedit /usr/share/gdm/greeter-config/20_debian, dan muncul seperti ini :

lalu edit bagian use specific background dan theming option dan sesuaikan dengan background yang anda ingin pake serta thema yang ingin anda pakai. sebagai contoh inilah yang sudah saya ubah..

Setelah itu, rebootlah dan nikmati tampilan baru gdm anda, sebagai contoh inilah hasil dari editan saya diatas.

sumber :

1. bolongtujuh

2. khattam

3. ubuntucorner

LiteStep


Litestep merupakan shell replacement program yang dapat digunakan untuk menggantikan explorer.exe sebagai shell default anda di windows. dan jangan khawatir karena Litestep merupakan aplikasi freeware serta memiliki pengguna yang lumayan banyak. Themes-themes atau skin nya juga banyak tersebar di internet, serta kalo pengen mencoba membuat themes sendiri juga tidak dilarang. Nanya di forum-forum juga oke kok.Lalu bagaimana menikmati shell ini? inilah caranya :

1. Download dulu installernya disini litestep, lalu jalankan seperti halnya menjalankan installer windows yang lain.

2. setelah itu, pilih litestep as a shell dan reboot lah?

3. setelah reboot, maka anda akan diberikan tampilan shell standarnya litestep. jangan kaget karena klik kanan anda akan berfungsi seperti ketika anda mengklik  tampilan window anda dan menampilkan program-program disana.

4. ga puas sama tampilan shell standar? banyak skin dan thema yang bertebaran di internet, salah satunya di customize.org maupun yang lain. inilah web yang bisa dituju buat nyari skinnya litestep

1. customize.org

2. devianart

3. skinz

4. ls-themes

5. winCustomize

5. Pengen lebih jauh dan nanya-nanya masalah litestep, mending main ke tritnya om slifer2006 di kaskus, atau trit desktop moddingnya kang kagakmaho di kaskus juga. Jangan lupa baca halaman pertamanya ya?

begitulah…. mau tau desktop saya yang make litestep?kayak gini nih..

Note :
1. sebelum install mending buat dulu restore point, biar pas ada masalah tinggal restore.
2. diuji di win xp sp3.
3. Pas make shell dan skin, pasti butuh module, yang ada sebagian harus di download pas masuk pertama kali, sebaiknya ada koneksi internet pas make litestep, dan ada masalah sama yang dibelakang proxy, netload module nya ga jalan.

sumber :
1.http://www.litestep.net/
2. http://customize.org/litestep
4. http://kaskus.us/

Mempercantik PekWM


siapa bilang dekstop sederhana yang hanya memakai window manager ringan kayak PekWM ga bisa dipercantik?bisa dong, ga harus make gnome atau KDE atau enlightment buat tampil cantik. Pake PekWM pun desktop linux anda juga dapat tampil cantik kok. Dengan sedikit usaha lebih sih dibandingkan jika ingin memodifikasi tampilan GNOME maupun KDE.

Setelah selesai melakukan konfigurasi PekWM, dan bisa masuk ke pekwm, sekarang tinggal tugas anda adalah mempercantiknya sehingga tidak terkesan buram dengan warna hitam dan tanpa ada ornamen-ornamen.

Jika rumah dipercantik dengan ornamen-ornamen berupa lukisan, hiasan dinding, tanaman hias, dll, maka desktop linux apapun pilihan DE/WM nya juga punya ornamen-ornamen yang bisa digunakan agar desktop anda secantik rumah anda.

Unutk pekwm, ada beberapa aplikasi yang bisa menjadikan dekstop anda penuh ornamen:

1. nitrogen

karena pekwm hanya window manager, maka tidak dapat menampilkan wallpaper tanpa bantuan paket lain. nitrogen adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menampilkan gambar favorit anda sebagai kertas dinding dekstop linux anda. berikut ini adalah penampakannya..

Cara installnya sebagai berikut :

a. buat debian dan turunannya

pastikan repository anda benar, dan terhubung internet atau ada DVD reponya. Lalu ketikkan

 

sudo apt-get install nitrogen

tunggu sampai selesai prosesnya.

b. buat Arch linux tinggal ketik :

 

pacman -S nitrogen

c. buat slackware dan anak turunannya, cari dulu  skript SlackBuild nya di Slackbuild.org sekalian source code nitrogennya,lalu ekstrak skriptnya, dan pindahkan source code nitrogen ke folder hasil estrakkan tadi, lalu ketik:

 

cd ./nitrogen

./nitrogen.SlackBuild

tunggu sampai selesai dan terbentuk file nitrogen.xxx.tgz di /tmp.

lalu tinggal install dengan perintah :

 

installpkg /tmp/nitrogen*

2. tint2

nah ini dia salah satu paket paling bermanfaat untuk pekwm yang ga punya panel. installnya sama kayak nitrogen. terus cari skript konfigurasi tint2, untuk mempercantiknya, salah satu yang paling oke adalah tint2 brit. Ekstrak dan taruh tint2rcnya di folder /home/user/.config/tint2. bisa juga pake konfigurasi kreasi anda sendiri.

tint2

3. cari tema – tema yang cantik buat pekwm.

Tema buat PekWM memang jarang yang buat, tapi bisa di cari di http://www.box-look.org. Tema hanya mengatur tampilan  dasar seperti warna dan bentuk button. seperti ini:

4. install conky. buat memonitor system dan mempercantik tampilan desktop. agar lebih oke jangan lupa instal lua dulu sebelum install conky agar tampilannya ciamik. Contoh :

5. install lxappearance biar bisa mengganti gtk iconnya. contoh :

hasilnya … masih cupu…

catatan :

gambar conky dan lxappearance dapet nyomot dari sini dan sini

ups lupa, satu lagi nih, butuh shortcut application, dan nemu <a href="http://code.google.com/p/wbar/”>wbar

, ada kok di slackbuilds.org, jangan lupa install wbarconf

buat mempermudah setting wbarnya..

NB : terinspirasi dari tritnya bang ellazul tentang openbox, dan ternyata dapat juga kok di terapkan pake pekwm