Ubuntu 15.04 Vivid Vervet : Nyoba lagi


Awalnya sangsi saya apa kuat di coba di Vbox under Debian 64 bit.. ternyata ya masih ngangkat juga kok Compiz dan Unity nya … meskipun itu… rada lemot 😀

Ubuntu ternyata ya tetep gitu yak… warna dominan ungu, default wallpaper yang ga nahan (abstraknya :D) sama model nyari aplikasi nya alias Dash nya yang rada ngeselin, musti ngetik 😀

lainnya … standar lha……

oke silahkan nikmati ya 😀

Nilai :
Ubuntu : 7 dari 10
Artistik :6 dari 10
Unity dan Dash :5.5 dari 10
Jalan d VBox : 7 dari 10
Overall : 6 dari 10 (alias buat ubuntu lovers aja :D)

Next read:
https://wiki.ubuntu.com/VividVervet/ReleaseNotes

Freya on Action


Yo…. nyobain duyu ah… yu Freya yang baru lahir ini… 
racikan Elementary emang dari dulu ciamik… smooth dan nyaris sempurna…. mungkin kekurangannya itu cuma satu… ga ready multimedia alias ga ada codec non-free nya (ini ngikutin Ubuntu) so.. mesti install dulu codec non-free nya biar mampu nonton berkas berekstensi mp3, mpg, avi dll
susah …. mudah lah… 😀
tinggal cari di software center atau via apt-get install xxx… syaratnya terhubung internet 😀

Keputusan developer GNOME yang mengganti GUI yang drastis dari stack desktop menjadi dynamic desktop memang patut disyukuri juga, berkat itu muncul beragam DE yang makin memperkaya pilihan pengguna Linux, dari yang cuma shell replacement (pengganti tampilan standar gnome shell) seperti punya blankon (Manokwari), sampai yang bikin DE baru salah satunya elementery yang dinamain Pantheon ini…

Rilis eOS kali ini juga sedikit heboh mengikuti hebohnya ISIS (Islamic State in Iraq and Syiria), karena awalnya code name nya adalah ISIS..:D

Nah kalo dinilai inilah nilai saya :
Tampilan : 9 dari 10
Kemudahan : 7 dari 10
untuk Pemula : 7 dari 10
Pantheon : 7 dari 10
Ngikut Ubuntu : 7 dari 10
Overal : 7.8 alias patut dicoba

oke… langsung saja nikmatin ya tembakan layar dari sayahnya :

Next Read
http://blog.elementary.io/post/116134677986/freya-is-here

KaOS 2015.04


Buat pencinta KDE distro satu ini patut dicoba karena emang khususin diri buat KDE Lovers sejati..

Kenapa, karena salah satu distro yang udah berani ngerilis KDE yang pake Plasma 5 terbaru yang baru saja dirilis KDE april ini..

yang beda sih emang KDE itu selalu blink-blink dan yang kebiasa make gnome shell kayak saya agak kikuk dikit sama model desktop yang stack dari KDE.

KaOS 2015.04 lumayan apik mengemas KDE Plasma 5.2.95 dan full KDE Application 15.0.4 serta membuat live cd nya… tapi emang sih ukuran ISO nya jadi gendut  1,6 GB sendiri.. hehehe

yang agak kurang itu pemilihan thema desktop nya yang dominan putih dipadu wallpapers yang juga cerah kadang bikin kurang enak pas butuh ngebaca tulisan di menu nya… Makanya begitu install cepetan ganti tema dengan yang gelap gitu…

kalo saya, masih mikir karena KDE dan KaOS itu yang model Rolling Release itu 😀

monggo dinikmati beberapa jepretan dari saya

Nilai :
artistik : 6 dari 10
Blink desktop : 8 dari 10
KDE : 7 dari 10
Rolling Release : 6 dari 10
Overall : 6,4 dari 10

Next Read :

http://kaosx.us/kaos-iso-2015-04/
https://www.kde.org/announcements/plasma-5.2.95.php

First Glance Gobolinux 015


Gobolinux termasuk salah satu “badboy” di dunia Unix/UnixLike karena mbalelo dari jargon yang udah ditetapkan khususnya di pengaturan berkas nya alias di hirarki filesystem nya yakni melanggar standar yang sudah ada sesuai Filesystem Hierarchi Standard aka FHS…

di Gobo mengadopsi sedikit layaout dari sistem berkas nya MacOS karena ga adalagi itu pohon berkas sesuai FHS yang kayak ini :
/
-/home
-/bin
-/sbin
-/etc
-dll

tapi berkas sistem dikelompokkan berdasarkan fungsinya, nah kalo program ya ditaro di /Program , /System, /Data, /User dll… yang fresh install sistem pemberkasan Gobolinux kayak ini deh :

Filesystem Gobolinux
coba bandingkan sama punya Mac OS X ini :

rada mirip bukan….

nah setelah sekian lama hiatus, tahun 2014 kemarin, Gobolinux mengeluarkan rilis terbarunya yakni yang versi 015 yang mengadopsi Enlightenment 0.18 sebagai default Desktop Manager nya…. cuma ya itu, Gobo hanya menyediakan versi 32 bit aja.
Installnya gimana? gampang kok, Gobolinux 015 udah memanfaatkan livecd sebagai sarana instalasi, tapi emang musti terbiasa dengan cara install berbasis text ncurses yang mirip banget sama punya nya Slackware (yang pernah make slackware pasti ga kesusahan deh) 😀
yah segitu dulu ya? cara instalasi nya menyusul…. sibuk saya wkwkwkwk
 next read :

Tertipu : Edisi Flambe


Saya itu kadang suka coba-coba distro linux yang tidak biasa alias yang ga mainstream, semisal yang make Desktop Environment yang bukan DE yang tidak biasa seperti yang  make WindowMaker atau yang kali ini saya coba make Enlightment rilis terbaru (E19), karena biasanya di distro-distro yang mapan, Enlightment itu paling banter baru E17, yang kalah bling bling jika dibandingkan Gnome 3 atau  KDE.
Nah berdasar list nya distrowatch.com saya jadi nengok web nya flambe.tk katanya make Enlightment 19, akhirnya donlot …. mayan… gede.. 1,7 GB men…
tapi, kok web nya minimalis banget yak? nyimpen di mediafire, terus petunjuk penggunaannya di dropbox, sama petunjuk itu dibuat pake vbox… siap siap deh kuciwa… 😀
setelah donlot… dan coba di vbox… tada…. enelan kuciwa saya….ternyata cuma remasternya PCLOS … 
pas boot udah curigation sih… karena pake default dracut yang bawaannya fedora yang jadi basisnya PCLinuxOS…
pas udah masuk ke desktop… kok ya Enlightment nya ga se wah  punya Bodhy Linux atau elive, bahkan sama punya Gobolinux yang masih E18 aja kalah bling-bling…
pas buka terminology dan ketik uname -a… ternyata oh ternyata…. hehehe
jadi keinget GarudaOS yang dulu bikin heboh rakyat maya Indonesia…
see you
Pros : pake Enlightment 19 yang masih jarang dipaketin distro besar
cons : remaster PCLOS dan tidak punya repo mandiri,  hanya untuk 64 bit, Installer Jumbo, pemaketan E19 masih kurang yahud.

rekomendasi : buat koleksi ISO aja bagi yang kelebihan bandwitdh
sumber :

Screenshoot FlambeOS

Linux : Gagal Install Frugalware di Laptop


punya laptop yang terbaru itu belum tentu bisa nyaman lho, apalagi kalo pengen bisa mandiri make Linux… hehe. kenapa??? Karena belum tentu hardware terbaru ente tersebut sudah ada firmware nya buat Linux?? Jadi anak tiri ya?? kalo winwin sama apel kroak pasti disediain tuh driver buat hardware terbaru?mengapa sih terjadi seperti itu?? apa karena Linux itu open source sehingga membuka spesifikasi hardwarenya berpeluang meruntuhkan dominasi suatu produk?? mungkin juga sih, mungkin juga enggak kok…
Tapi, hardware yang udah di-bikinin firmware resmi pun kadang-kadang rewel lho? apalagi yang terkait dengan sistem utama laptop/PC macem CPU…bisa-bisa ga mau booting itu Linux yang ente install..
contoh paling nyata adalah teknologi amd-microcode yang dikenalkan oleh produsen  chips AMD.karena masih tergolong baru, belum semua distro linux mengintegrasikannya kedalam distro racikannya.. walhasil terkadang sampai gagal booting seperti yang saya alami pas install Frugalware 64 bit di Laptop ASUS X45U yang udah support amd-microcode…
Gara-gara ga ketemu paket firmware amd-microcodenya si frugal ogah booting… cepe deh….
Solusinya sih gampang, tinggal install paket amd-ucode (kalo di frugal) dan reboot, cuma ya itu, mo masuk ke sistem alias boot aja gagal, gimana mau install??
Sebenarnya bisa sih, install pake live DVD (secara teori) cuma saya masih nyubi make frugalware… jadi saya main ekstrak aja itu ke folder /lib…. kok ya tetep ga mau jalan… yo wes lah…
akhirnya, si frugal saya timpa sama mba Nadia yang 64 bit Cinnamon.. sebenernya juga gagal pas nyari itu paket (amd-microcode), cuma masih mau ngeboot, dan install paketnya… 
oke deh… jadi sementara masih gagal install si Cinna ke laptop, padahal udah ngebet pengen njajal pacman nya….
Next Read :
Mau gaun trendi?? Klik  AttaqiGallery