Sourceforge dan Mahalnya Kepercayaan


Sourceforge.net sepertinya sudah mengingkari pentingany kepercayaan dalam bisnis berbasis jasa atau servis seperti yang dilakoninya dengan menyediakan penyimpanan online untuk proyek-proyek open source.
Dulu awalnya sourceforge.net merupakan tempat terpercaya untuk donlot aplikasi FOSS karena memang berkas binari yang disediakan dapat dipastikan asli dari developernya tanpa ada tambahan adware/malware/advertisingware seperti tempat donlot aplikasi yang lain seperti download.com dll.
Tapi, sekarang sepertinya mesti dipikir pikir ulang kalo mau donlot dari sourceforge, karena skema mencari uang mereka sudah berubah, diakui atau tidak, sourceforge ikutan model tempat donlot lain yang menyediakan donlotan tapi menyertakan ekstra aplikasi yang kadang tidak dibutuhkan oleh pengguna (pendonlot) via program yang disebutkan sebagai devshare. Tapi program ini memicu kontroversi yang akhirnya menyebabkan dua proyek opensource ternama hengkang dari sourceforge.net yakni VLC dan GIMP-WIN, pada tahun 2013.
Program devshare ini juga diakui oleh pengembang filezilla sebagai salah satu mitra terbaiknya sourceforge.net. Kalo ga percaya coba donlot aja filezilla di sourceforge seperti gambar ini :

kalo diliat, di kotak donlot Filezilla ada tulisan installer enabled, itu tanda kalo filezilla ikutan program devshare, dan kalo di klik akan menggiring pemirsa ke tempat lain alias ga langsung donlot filezilla nya.

Selain itu, ada kebijakan dari sourceforge yang rada bikin miris juga yakni mengambil alih proyek-proyek yang dipindah ketempat lain alias ga make lagi sourceforge sebagai alat untuk menyebarkan software mereka, atau proyek opensource yang bukan di host di sourceforge juga dapat saja di mirror oleh mereka, maksudnya baik sih, yakni menyediakan para pemirsa aplikasi yang ada, tapi karena kasus GIMP-WIN yang berkas binari nya diisi malware dan fakta bahwa yang memegang kendali atas mirror itu adalah staff dari sourceforge.net ditambah lagi postingan sourceforge ini rasanya kudu mulai waspada kalo donlot dari sourceforge.

“Mirror project are sometimes used to deliver easy-to-decline third party etc… ” nah kan.. apa dibilang 😀
Terakhir mereka (sourceforge.net) bikin blog post yang menyatakan menghentikan ngebundle aplikasi yang di donlot via sourceforge dengan aplikasi yang menjadi sponsor mereka, dan hanya akan memasukkannya di aplikasi yang ikutan opt-in atau ikutan program mereka itu.. ( nah ngaku juga kan), tapi apakah ini mampu menyakinkan para pengembang dan pengguna FOSS khususnya untuk kembali memakai jasa sourceforge? saya mikir seribu kali lagi deh 😀
next read  :
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s