Peraturan Menteri Keuangan No 22/PMK.05/2014 Tentang Rekening Milik Kementerian/Lembaga/Satker


Peraturan Menkeu yang ini emang rada telat keluarnya yak… saat SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) sudah live goes on, barulah terbit…hemmm tapi dapat dipahami juga sih kadang memang aturan-aturan setingkat Peraturan Menteri itu pembahasannya luaammma…
Setidaknya ini menjadi payung dari Perdirjen Perbendaharaan No 3 Tahun 2014 yang mengatur Bendahara Satker dan Pelaporannya kepada KPPN.
Memang sih, dengan PMK ini, Bendahara tidak banyak melakukan perubahan terkait dengan pelaporan seperti yang dilakukan menggunakan Perdirjen 03 tahun 2014 melalui SILABI, paling nanti yang berubah itu kewajiban melakukan rekonsiliasi rekening tiap triwulanan yang sebelumnya tidak diatur dalam Perdirjen No 3.
Kalau masalah ADK dan aplikasi memang sudah disiapkan semenjak perdirjen no 3 di laksanakan.
Sedangkan yang sedikit berubah adalah laporan Daftar Rekening yang disampaikan Satuan Kerja ke KPPN setiap bulan, kalau sesuai PMK kurang satu kolom yakni Transaksi terakhir.
Sedangkan kerja berat itu jika menyangkut SPAN yakni perubahan nama rekening yang dimiliki oleh Satuan Kerja. Yang berat bukan hanya di SATKER yang musti menyampaikan permohonan ke KPPN dan Ke Bank, akan tetapi juga Kepala KPPN selaku pihak yang harus melakukan proses perubahan nama rekening di SPAN.
Kenapa Kepala KPPN? karena memang yang melakukan perubahan data rekening itu menggunakan akun Kepala KPPN, dan musti satu-satu tidak dapat dengan unggah langsung gitu….
semoga dengan usaha penertiban Rekening ini, berita seperti tahun tahun lalu mengenai Rekening Liar di Pemerintah Indonesia dapat kita kurangi….
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s