Balada NHL : Mengapa saya memilih perawatan Medis di rumah sakit untuk Fathi


meskipun berat, perawatan di RS adalah yang terbaik untuk anak saya yang menderita kanker NHL #baladaNHL

ada beberapa sebab mengapa saya memilih pengobatan medis #baladaNHL

1. anak sy msh berumur 5 tahun ketika didiagnosis tumor/kanker #BaladaNHL

ngerti sendiri kan, gimana repotnya anak 5 tahun kalo harus minum obat, makan apalagi diet tertentu #baladaNHL

padahal untuk pengobatan alternatif berbasis herbal atau cara terapi semacam gerson therapy itu butuh diet ketat dan minum jamu #baladaNHL

klo di RS,minimal kita dpt meminta bantuan perawat jika ada obat yang mesti diminum,plng apes ya pasang NGT #baladaNHL

2. sy ingin pengobatan anak sy tdk bertentangan dg syariat Islam, sy pilih yg masuk nalar, klo dg telur sembuh, kok sy ragu #baladaNHL

banyak sih yg menyarankan ke orang pinter,yg cukup bawa air putih, tp lg2 bertentangan dg nurani sy. #baladaNHL

maka pilihannya hanya medis di RS dan berbasis herbal,serta clinical trial semacam alatnya pak Warsito #baladaNHL

sy pilih RS dgn tambahan herbal dan madu,krn kondisi anak sy tidak memungkinkan untuk ke Jakarta #baladaNHL

alasan ke-3 adalah kondisi anak sy yg terus menurun, sdh kurus,kurang gizi dan perutnya yang bengkak.tidak mungkin pergi jauh #baladaNHL

tentunya pilihan perawatan di RS untuk kanker hanya radioterapi/kemoterapi/operasi dg segala akibat dan variasinya #baladaNHL

karena NHL, pilihannya cuma kemoterapi #baladaNHL

kemoterapi yg dijalani anakku adalah CHOP+MTX 8 slikus tiap 3 minggu #baladaNHL

itu kemoterapi standar untuk banyak kasus limfoma dan leukimia,plus MTX ke sumsum tulang belakang untuk pencegahan #baladaNHL

tapi ya itu,untuk dosis rendah saja,anakku sampai pendarahan lambung dan seminggu di PICU #baladaNHL

dg kemo,tumor di perut Fathi mengecil,responnya bagus,efek samping nya memang luar biasa,karena kemo pertama dan kondisi turun #baladaNHL

masuk PICU dgn kombinasi demam netropenia dan pendarahan lambung, sempet nambah trombosit 2 colf baru berhenti #baladaNHL

setelah itu nambah 1 minggu untuk pemulihan,badannya tinggal 8 kg,ga kuat berdiri #baladaNHL

total hampir 1,5 bulan waktu itu di RSDM, dan tiap 3 minggu cek ke RS untuk proses kemoterapi, selesai siklus ke 8 bln April 2014 #baladaNHL

2 kali sempat tertunda karena demam netropenia,menjalani kemo 8 kali itu sungguh perjuangan #baladaNHL

udah ga keitung berapa kali saja mesti ambil darah untuk cek, ganti jarum infus tiap 3-4 hari,3 kali dipasang NGT, kadang ga tega #baladaNHL

kemo itu ga menjamin sembuh, yang ada ga ada gejala (remisi) dan kemungkinan kambuh (relaps) NHL ada #baladaNHL

kasus NHL nya Fathi memang sudah stadium 4, udah metastate ke paru,jenisnya B Cell NHL yang ganas(high grade), prognosisnya jelek #baladaNHL

cemas sy terbukti,2 minggu setelah kemo terakhir, fathi mulai merasakan sakit di perut kiri,hasil USG ada massa diatas limpa #baladaNHL

dr. Riza yg merawat pun kaget, kok cepet banget? 2 minggu setelah USG,perut kirinya mulai terasa tumornya #baladaNHL

mesti ngulang CT-SCAN, Biopsi FNAB dan ngulang lagi proses kemo dg protokol yg lain, dosis dan intensitasnya naik #baladaNHL

mulai awal Mei sampai sekarang itu cuma di rumah seminggu,di sela-sela kemo siklus pertama dan kedua #baladaNHL

kemo yang ini emang dosis tinggi dan full 4 minggu, dgn kombinasi CHOP,MTX,Cytarabine,Leucovorin,G-CSF,asam folat #baladaNHL

mulai kemoinduksi (4 siklus) 23 Mei, belum selesai satu siklus,krn ngedrop,netropeni lg. obat berenti,kankernya berkembang terus #baladaNHL

baru setelah ditambah G-CSF (leucogen) ANC naik diatas 1000 baru obat kemonya dilanjutkan #baladaNHL

inilah usaha maksimal saya, dg terus berdoa tentunya, biaya ya udah lumayan besar,3 minggu d RS #baladaNHL

pengen sih ke BPTO Tawangmangu,tp ya itu masih susah nyuri waktunya #baladaNHL

semestinya badan litbang kesehatan macam BPTO itu kerjasama dg RS agar memungkinkan penelitian obat baru(clinical trials)

apalagi obat kanker itu kan ga gampang dan beberapa itu asalnya dari ekstrak herbal kyk Vincristin yg asalnya dr tapak dara #baladaNHL

yah, semoga yang terbaik untuk anak saya Fathi #baladaNHL

 
 
 
NB :  cuitan ini saya buat 14 Juni 2014 disela-sela menunggu Fathi di RSDM, dan Fathi sudah meninggal tanggal 4 Juli 2014, setelah perawatan hampir 1 tahun. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s