Windows 7 Profesional Ternyata Ga Mampu Membikin Partisi di USB Flash Disk ya???


Kaget juga… satu hal yang sepele banget di GNU/Linux ternyata ga mungkin dilakukan kalo make Windows, bahkan di Windows 7 Profesional kalo tanpa tambahan third party software, dan kali ini yang terjadi adalah ketika akan mempartisi USB Flash Drive dan menggunakannya sehari-hari.

Kalo pake linux/unix-like cukup pake fdisk, atau GParted aja udah cukup untuk melakukan  proses itu, dan di dukung juga kernel Linux/ Unix-Like yang secara standarnya memperlakukan USB Drive sama seperti halnya media penyimpanan yang lain.

Sedangkan kalo di MS Windows, dalam kasus ini Windows 7 Profesional SP 1 memang tidak mendukung dua partisi MBR di Removable USB Drive, sebagaimana keterangan di deskripsi tentang diskpart (CMD command di Windows untuk disk management semisal fdisk/cfdisk di Unix-Like) sebagai berikut ini :

You cannot use Diskpart to create a partition on removable media. Windows supports at most one MBR partition on removable media. If the media is manufactured with an MBR, that MBR cannot be altered, but the MBR is followed even if multiple partitions or logical drives are configured. If the media is manufactured without an MBR, the media is treated as a “superfloppy” and no partition structure is written to the media.

Yah, tanpa bantuan driver dan software pihak ketiga ga mungkin memanfaatkan kelebihan dari dua atau lebih partisi di penyimpanan bergerak semodel USB Flash disk di MS. Windows .


Jika tetep pengen menggunakan partisi lebih dari satu, sebaiknya anda ganti OS anda jadi Debian 😀 dan kalo tetep mau make di MS Windows, siap siap rada ribet sbb :

1. donlot dulu driver buatan om Anton Bassov disini  dan jalankan..
2. ikutin intruksinya alias tinggal next-next aja.

3. sampai selesai dan tinggal restart
4. tinggal buka disk management dan bikin partisi barunya… seperti ini…

5. hasilnya setelah dipartisi, muncul dua drive baru… (USB Flash nya dianggap Harddrive)

6. tapi kalo dibawa ke mesin MS Windows lain yang belum install driver om anton hasilnya ya balik lagi… ga dikenalin ….

yah… begitulah kesaktian Windows 7 adanya…. rada ribet sih untuk yang hidup di dua OS kayak saya ini …:D

yup hanya sekilas berita.. dan lagi Windows 7 udah obsolete juga disalip sama Windows 8 dan windows 10… see you…

Nah kalo di linux mah tinggal colokin USB Flash nya, terus bukaa gparted atau disk utility, nah tinggal liat aja ada ga USB nya terus tinggal di delete dulu partisinya, terus bikin partisi baru. seperti gambar berikut ini :

gampang toh…. enak jamanku toh… 😀

next read :
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s