F-DROID : Play Store untuk Aplikasi Android yang Berlisensi FOSS


Buat pengguna Smartphone khususnya Android tentunya ga asing dengan yang namanya Repositori alias kumpulan software/aplikasi yang dapat di install ke OS anda, meskipun tiap jenis platform punya nama berbeda-beda. Di Android, Google menyediakan tempat namanya Google Play Store, kalo di Windows Phone ada market place, seperti halnya IOS dan rata-rata distribusi GNU/Linux punya kumpulan software yang dapat di install.

Nah, khusus untuk ekosistem Android, karena sifatnya yang terbuka, memungkinkan tiap vendor atau pihak yang ga puas dengan kebijakan Google di Playstore bikin repo sendiri.

Nah, karena sifatnya yang terbuka ini juga, sebaiknya berhati-hati milih repositori dan ketika install aplikasi android yang asalnya masih meragukan. ya buat jaga-jaga aja. terkadang ada juga yang iseng masukin kode ga bener di aplikasi android.. Kalo ads mah udah jangan ditanyakan lagi… kadang-kadang ada aplikasi android gratisan yang ads nya lebih banyak dibandingkan fitur aplikasinya.

Kalo ga mau repot sama ads sih sebenarnya gampang aja kok, install aplikasi yang berbayar… dijamin bebas ads.. kalo ada aplikasi berbayar tapi masih ada ads… datengin tuh developernya… rampok aja  😀 …

Tapi emang ga ada aplikasi yang ga perlu bayar tapi tanpa ads, ada sih, cuma kalo yang ada di Google Playstore sepertinya sangat jarang deh. Kenapa, karena untuk masuk dan dipajang di Playstore nya google itu butuh biaya… dan ga semua developer mampu kek gitu… jadi ya jangan heran kalo kita install game gratisan dari Playstore pasti ads nya bejibun….

Nah, alternatif lain adalah install aplikasi yang FOSS alias Free and OpenSource Software. Minimal yang freeware lah.. yang  salah satu repo aplikasi android berbasis FOSS adalah di f-droid.org. Dapat di akses via browser di desktop PC atau via browser handphone anda, atau kalo pengen gampang install apliksi clientnya. Caranya tinggal buka f-droid.org terus donlot berkas ini https://f-droid.org/FDroid.apk terus install. klo via PC tinggal transfer ke HP android anda terus install… setelah itu buka aplikasinya dan update repo nya….

Nah, tinggal gunakan sesuai kebutuhan anda……. emang sih aplikasinya ga sebanyak di Playstore, apalagi game nya juga dikit banget. Tapi, satu plusnya ga pake ads, dan ga perlu takut dengan keamanannya deh…

selamat mencoba….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s