Instalasi Aplikasi SAKPA di Debian Wheezy 64 bit Menggunakan PlayonLinux


SAKPA

Bekerja di KPPN emang atmosfirnya emang beda jika dibandingkan dengan di Kantor Pusat DJPBN. Apalagi jika jadi customer service yang mesti berhubungan dengan aplikasi yang digunakan oleh satker. Minimal ngerti dan familiar dengan cara penggunaannya. Dan karena sakti belum jadi, CS mesti menguasai mulai dari aplikasi RKAKL, sampai aplikasi akuntansi nya satker (SAKPA), kadang kala mesti juga menguasi juga aplikasi yg digunakan di tingkat kanwil seperti kasus DPPKAD Kab. Karanganyar yang kemarin konsultasi masalah aplikasi SAKPA koordinator DK/TP/UB.

Nah, udah pada tau kan kalo aplikasi buatan Ditjen PBN itu berbasis visual foxpro yang cuma jalan di Windows. Jadi masalah buat kalo yg make windows kek saya.
Tapi, apa boleh buat. Ambil langkah terakhir, yakni menggunakan emulator buat aplikasi tadi. Terinspirasi tulisan kang Didik tentang winbottler, akhirnya nekat juga nyobain instal SAKPA dkk di Debian Wheezy 64 bit make Playonlinux. Memang sih winbottler dan PlayonLinux dalemannya sama,sama-sama make Wine. Hehehe.. Pertimbangan milih Playonlinux selain GUI nya adalah patch dan bantuan instalasi librari windows memanfaatkan skrip winetricks.

So, karena saya make Debian Wheezy yang 64 bit, yang lagi transisi ke librari yang multilib(bisa 32 bit atau 64 bit) jadi mesti ada beberapa persiapan dulu agar nantinya playonlinux sukses menginstallkan aplikasi berbasis foxpro, secara garis beras yang dilakukan adalah sebagai berikut ini :
1. siapin repositorinya dulu, pilih repositori terdekat kek saya yang milih reponya UGM, terus tambahkan arsitektur i386 agar dapat di install dengan cara mengetikkan perintah
# dpkg –add-architecture i386
 terus jalanin apt-get update nya.

2. baru install playonlinux nya pake perintah
# apt-get install playonlinux wine wine-bin winetricks
tunggu sampe selesai.

3. jika udah selesai, jalanin playonlinux nya, cari di application>>games
lha kok di games kategorinya, jawaban paling mungkin karena emang ini frontend nya wine yang awalnya berspesialisasi di instalasi gamesnya dari MS Windows. Pertama kali jalan biasanya agak lama dan butuh internet karena akan ngecek semacam katalog untuk program apa aja yang udah di list.

4. Kalo sudah masuk, tinggal klik tombol install dan akan muncul menu aplikasi windows apa aja yang udah di support. Nah, khusus untuk aplikasi SAKPA dkk, pilih pilihan install non-listed program di pojok kiri bawah.

5. muncul menu Manual Installation, klik aja next terus ada permintaan bikin new device. kalo baru pertama kali, klik aja pilihan yang atas, kasih nama,terus pilih installer SAKPA nya. terus klik next, sampai muncul jendela instalasi aplikasi SAKPA dan selesai di install.

6. ketika selesai di install, jangan lupa bikin shortcutnya, kasih nama yang gampang semisal sakpa, pilih sakpa.exe terus selesai. kalo masih muncul permintaan bikin shortcut, pilih ga mau bikin lagi. dan udah selesai.

7. kalo udah di install, akan muncul di jendela playonlinux nama aplikasi yang kita install tadi, yang kita bikinin shortcutnya. kalo mau ngejalanin tinggal double clik atau pencet tombol run aja…

8. tada… aplikasi SAKPA 2014 siap dipakai…

#disclaimer : ini baru instalasinya, belum bagaimana menggunakannya…

next read:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s