Al Quran QS Al Isra :70 dan QS Annisa :28


QS Al Isra:70

Annisa:28

Salah satu yang sering dikritik oleh kritikus dari Al Quran adalah Al Quran itu antar ayatnya saling bertentangan, tidak konsisten, dan bertentangan dengan ilmu pengetahuan. Dan kritikus barat sangat banyak yang menyerang dengan tiga kategori itu, sampai ada yang membuat situs khusus untuk mengumpulkan yang kata nya ayat-ayat yang saling bertentangan tersebut. Akan tetapi, kalo dibaca argumennya, ketahuan kalo yang mengkritik itu ga pernah belajar Al Quran, dan kaidah-kaidah bagaimana menafsirkan Al Quran. 
Kalo dibaca terjemahannya ayat per ayat memang akan terasa adanya kontradiksi antar ayat Al Quran. Sebagai contoh, 2 ayat yang saya tampilkan diatas, kalo dibaca satu-satu tanpa bantuan Tafsir (al Hadist, Tafsir, dan penjelasan alim ulama) akan sangat mungkin yang membacanya bingung. Berikut ini terjemahannya dalam bahasa Indonesia dan dua versi terjemah berbahasa Inggris
Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.(Al Isra:70)
Allah hendak memberikan keringanan kepadamu,dan manusia dijadikan bersifat lemah. (Annisa :28)
Sahih International
And We have certainly honored the children of Adam and carried them on the land and sea and provided for them of the good things and preferred them over much of what We have created, with [definite] preference.( Al Isra:70)
Pickthall

Verily we have honoured the Children of Adam. We carry them on the land and the sea, and have made provision of good things for them, and have preferred them above many of those whom We created with a marked preferment.(Al Isra:70)


Sahih International

And Allah wants to lighten for you [your difficulties]; and mankind was created weak. (Annisa :28)

Pickthall

Allah would make the burden light for you, for man was created weak.

(Annisa:28)
Di ayat pertama (Al Isra:70) Allah SWT mengatakan bahwa manusia itu diciptakan sempurna, sesempurnanya makhluk yang telah diciptakan, sedangkan di ayat kedua (Annisa :28) dikatakan bahwa Manusia itu diciptakan lemah.Bagaimana mungkin makhluk yang dikatakan diciptakan sempurna dan ditinggikan derajatnya bahkan diatas malaikat itu diciptakan lemah? Kontradiktif tidak? Kalo hanya dibaca hanya terjemahannya memang terasa bertentangan, disinilah pentingnya tafsir dari orang yang alim dan mengerti Al Quran.
Menurut Ustadz Muhammad Affandi (Sragen) sebenarnya ada pesan lain dari Allah SWT atas dua ayat ini, yaitu manusia itu tidak boleh sombong. Mentang-mentang paling sempurna, ditinggikan derajatnya, diberikan akal fikiran, kemudian lupa akan tujuan penciptaan manusia oleh Allah SWT. Oleh karena itu, diingatkan oleh Allah dengan ayat ke 28 Annisa :

Sesungguhnya manusia itu diciptakan lemah, makanya jangan sekali kali sombong. Kalo, masih mengucurkan darah jika tanganmu terluka oleh pisau, jangan sekali-kali manusia itu sombong.

Maha benar Allah dengan Segala Firmannya…

next read :
 
 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s