Monitoring Suhu di Debian Wheezy part II : Gkrellm


Melanjutkan postingan tentang monitoring suhu di Debian, kali ini kita memanfaatkan salah satu aplikasi monitor yang udah agak terlupakan oleh para pengguna Linux yakni gkrellm.Emang sih, tampilan bawaannya agak kurang manis dibandingkan conky yang udah dipermak, tetapi jika hanya untuk memudahkan memonitor besarnya suhu penting di laptop, gkrellm lebih dari cukup. Kelebihannya dibandingkan ektensi dari gnome-shell adalah, gkrellm tidak tergantung dengan harus memakai gnome shell, tetapi sebagai paket aplikasi berdiri sendiri, gkrellm dapat digunakan hampir di semua DE dan WM, asal dependensinya terpenuhi.
enaknya lagi, gkrellm itu masuk di repo resmi mba Debi, jadi tinggal mengetik mantra sakti “apt-get
install gkrellm”, dan tentunya punya koneksi internet, lalu nunggu sampai gkrellm muncul di menu aplikasinya.. udah selesai… tinggal menambahkan ini itu, kalo membutuhkan plugin atau tema, tinggal nyari di internet atau untuk beberapa plugin ada di reponya debian, tinggal cari menggunakan apt-cache search..
Nah, sekarang tinggal melakukan konfigurasi, dan menambahkan themes atau plugin kalau perlu. Kalo cuma monitor suhu aja, ga perlu nambah plugin lagi, tinggal gunakan fungsi yang udah built in di gkrellm. yang penting, lmsensors dan sensord udah ente konfigurasi sesuai dengan postingan terdahulu.
Pertama kali ngejalanin gkrellm, ente pasti disambut sama pemberitahuan seperti ini 
ya, gampang toh,mengatur konfigurasinya, tinggal klik kanan di jendela gkrellm paling atas atau kalo ga bisa klik kanan, tinggal taro mouse di ujung atas jendela dan pencet F1, maka akan muncul jendela baru yang isinya bagaimana ente mo melakukan konfigurasi, nambah plugin atau ganti tema.setelah itu, tinggal klik built-in>>sensors>>dan centang enable di Temperatures, klo di kasus ane ada tiga jenis… udah gitu, nanti otomatis akan muncul besaran suhu di jendela utama gkrellm.
dan inilah jendela utama gkrellm, tanpa penambahan plugin dan themes …
Misi tercapai bukan, ada monitoring suhunya…. hehehe…
eh… kurang menarik ya?kan dari awal sudah saya sebutkan kalo tampilan standarnya gkrellm itu emang kurang caem… hehe… perlu di permak make plugin tambahan semacam monitoring cuaca, dan tema yang caem kaya ini..
Di jendela gkrellm diatas, saya menggunakan tema invinsible dari muhri.net dan nambah plugin cuaca. nah kalo mau yang begono, mesti  nambah install plugin dan tema. Baiknya, beberapa plugin gkrellm ada di repo kok termasuk plugin cuaca yang saya pajang. tinggal install pake apt-get install gkrellweather, nah kalo tema invinsible donlot aja dari muhri.net, terus ekstrak dan taro di folder /home/nama_mu/.gkrellm2/themes. Jika udah, restart gkrellm dan masuk ke jendela konfigurasi. aktikan plugin di plugin>>enable, dan pilih tema, di tab themes>> invinsible. dan tada…. gkrellm jadi lebih cantik. Untuk plugin cuaca, emang ada beberapa opsi yang bisa di pilih semisal ukuran suhu udara, lokasi dll..cuma itu terserah anda aja…hehehe..
oke, kalo kurang cantik lagi silahkan ubek2 internet, masih ada beberapa arsip yang mempunyai tema gkrellm kok… selamat mencoba…
sumber : 
  1. muhri.net
  2. http://themes.effx.us/packages/gkrellm2/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s