Wheezy : Backup Paket yang Terinstall


Kadang-kadang kita suka bongkar pasang paket software ya… hari ini lagi mood mainan trigger, kita install trigger… bosen tinggal uninstall… d segala macem lainnya.. atau pas cuma mau nyoba install paket tertentu aja..
Nah, jadi masalah kalo kita install di Debian itu kita mesti make manajer paket yakni dpkg dan turunannya (apt-get install, aptitude, atau dselect) itu kan dapet via online atau pake dvd repo. Nah, kalo pas instalasi sih standarnya semua paket itu diunduh ke folder /var/log/cache/apt/archives. kalo mau backup tinggal kita kopi isi folder tadi dan kita pindahkan ketempat lain.
Tapi, hal ini bermasalah kalo kita udah sering membersihkannya pake perintah apt-cache autoclean yang emang membuang semua isi folder tadi. Backup manual ini juga ga dapat mengarsipkan paket-paket yang di install ketika pertama kali fress-install dari CD/DVD installer. Maka, akan banyak dependencies unmet yang terjadi, dan juga pastinya ga semua paket yang ada di sistem ente dapat di backup.
Solusinya adalah memanfaatkan fitur dpkg –get-selections dari dpkg yang mendaftar semua paket yang di install dan pernah di-install (statusnya deinstall) di Debian Wheezy anda dan menggunakan bantuan dpkg-repack untuk membentuk kembali paket-paket yang ada di sistem, serta grep dan cut untuk memudahkan proses dari daftar hasil dari dpkg –get-selections agar dapat dibaca oleh dpkg-repack. Hal ini karena, secara umum dpkg-repack itu cuma membentuk kembali hanya satu paket tertentu.Kalo mau satu sistem Wheezy anda yang harus di backup, maka kita harus memanfaatkan salah satu keajaiban dari UNIX-Like OS (sh script tepatnya) yakni teknik pipe.
Nah, dengan teknik pipe, kita bisa memanfaatkan grep dan cut untuk menghasilkan daftar dari dpkg yang akan dibaca oleh dpkg-repack. Caranya, gampang kok, pertama install dulu dpkg-repack dan fakeroot
apt-get install dpkg-repack fakeroot
bikin direktori untuk menampung berkas .deb hasil repack, dan pindah kedalam folder tadi
 mkdir ~/dpkg-repack; cd ~/dpkg-repack
terus jalanin skrip singkat berikut ini 
 fakeroot -u dpkg-repack `dpkg --get-selections | grep -w install | cut -f1`
tunggu sampai selesai. Dan kalo udah selesai liat aja di folder dpkg-repack dan liat hasilnya…
Kalo mau install, dapat ente pake perintah dpkg -i .*deb yang akan melakukan instalasi seluruh hasil dpkg-repack tadi, cuma emang kurang aman, mending kita buat repo lokal aja pake perintah dpkg scanpackages, terus tambahin ke sources.list dan install pake apt-get install atau aptitude agar dependensinya ikut di cek. Karena, kalo make dpkg -i itukan ga ngecek dependensi. takutnya ada yang lewat dan ga bisa dijalanin.
Oke, selamat mencoba :
NB : terinspirasi dari pertanyaan Aris Malakian di grub FB Debian
         skripnya punya abhiroopb di forum ubuntu, saya tambahin opsi -w
         gambar dari linuxrede

Next Read :

6 thoughts on “Wheezy : Backup Paket yang Terinstall

  1. hehe, itu karena ada yang nanya kek mas Ade, dan ternyata ada yang bikin tutorialnya di forum Ubuntu, saya cuma tambahkan opsi -w di grepnya agar spesifik ngambil hasil yang statusnya install

  2. mas akbar, itu spesifik untuk Debian dan turunannya, yang make dpkg sebagai manajer paketnya (manajer softwarenya) termasuk ubuntu dkk klo cuma satu paket misal vlc ya cukup pake dpkg-repack aja contoh dpkg-repack vlc, hasilnya cuma vlc yang di jadiin berkas .deb ga termasuk dependensinya. klo skrip yang ada di postingan ini semua paket yang ada di sistem.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s