1 Cent Tips : Menikmati Alunan Al Quran via el-forkanee


Al Fatihah
Menikmati alunan ayat suci Al Quran memang beda ya suasananya dibanding bunyi bunyian lain. Nah, karena itu kepengen juga menikmatinya sekalian membacanya saat menggunakan Wheezy. Kalo yang ada di repo resmi ya pilihannya zekr, cuma itu, zekr make java yang emang kok saya masih kurang sreg dengan solusi openjdk yang disediakan oleh developer Debian, ditambah bug nya zekr yang kadang-kadang ga mau muter resitalnya.
Lalu ketemu Ayat, yang merupakan proyek mushaf resmi dari kerajaan Saudi lewat King Saud University. Kalo liat tampilan di webnya sih, keren banget dan lengkap dengan terjemah, tafsir dan alunan dari hufazh terkenal. Cuma masalahnya ga masuk repo Debian, dan menggunakan Adobe AIR. Ga keren banget ini, hehe alasannya Adobe AIR sudah ga support lagi linux, dan saya make Debian Wheezy 64 bit yang emang rada bikin keki kalo masalah non-free software, belum lagi ternyata adobe air cuma ada versi 32 bit yang masih ada untuk linux, lha ini masalah lagi karena ternyata install multiarch di Debian Wheezy itu ga gampang. kalo liat dari pesennya si pat-get sih Debian mo migrasi ke multiarch, jadi ada paket-paket yang uda mulai dihilangkan… ya sudahlah….
Patah arang dengan Ayat yang make AIR, akhirnya milih nyoba pilihan ketiga elforkane. Awalnya kesulitan nyarinya karena saya nulisnya elfurkane di gugel, ya ga nemu. Singkat kata, setelah ketemu di salah satu postingan di grub fb Ayo Belajar Linux ( tergerak untuk install program pembelajara Al Quran ini pun terinspirasi dari postingan yang sama di sono) maka mulai deh kita coba install elforkane. Gampang kok, tinggal setting repo nambahin reponya elforkane yang di software.opensuse.com (semacam ppa) terus tambahin keynya, terus update repo. sudah itu install pake apt-get install elforkane. mayan banyak juga ternyata hampir 66 MB an, karena ternyata dependensinya lumayan juga ada mysql, vlc, dll.

Selesai, tinggal jalanin elforkanenya, dan nyobain murottalnya, ternyata elforkane ini semacam fork -an dari Ayat, karena ngambil streaming murottalnya juga dari ksu.edu.sa, pas baca readmenya via bantuan gugel translate, emang bener juga, elforkane dapat memakai semua plugin dari Ayat, tinggal ekstrak .ayt (format plugin Ayat dan di setting elforkane nya agar nyari ke hasil ekstrakkan tadi). tambah gampang, pertama kali yang saya lakukan adalah nyetting agar elforkane ga streaming online, tapi make murottal yang udah saya donlot dari situsnya ksu.edu.sa

sip.. jadi deh….

next read :

Sprei dan Bedcover Karakter Lucu… Mau???
untuk info dan pemesanan hubungi

SMS atau WhatsApp 083872303254

Reseller Welcome

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s