Tutorial Instalasi Lyx


Selama ini orang pasti berfikir kalo mau membuat dokumen, baik itu surat, artikel, maupun jurnal harus menggunakan aplikasi dokumen semacam MS Office Word, OOo writer, LibreOffice Writer, maupun aplikasi pengolah dokumen yang bergenre WYSIWYG yang lain. Padahal menggunakan pengolah dokumen semacam MS office Word banyak menghabiskan waktu untuk formatting dan segala tetek bengek urusan yang sebenarnya tidak berkaitan langsung dengan produksi dokumen. Belumm lagi masalah kompatibilitas antara satu format dokumen antara aplikasi pengolah kata yang masih sangat jelek. Jangan ngomongin mau edit dokumen dari MS Word ke OOo Writer atau sebaliknya, dari MS Word 2007 ke MS Word 2003 aja kadang-kadang ngaco kok formattingnya… alhasil, sering kali pekerjaan tertunda gara-gara harus ngeformat ulang dokumen.. apalagi kalo beda OS misalnya dari Linux ke Windows..tambah puyeng.

Sebenarnya ada pilihan lain untuk menyiapkan dokumen, dan ini merupakan solusi lama karena sudah ada sejak tahun 70 an. Pengolah dokumen itu adakah TEX, yang berkembang menjadi beberapa varian yakni Latex, Context, dll. Nah kebanyakan pengolah dokumen itu adalah berbasis source, alias kalo ingin menyiapkan dokumen ya harus ditulis sekalian dengan kode yang mengatur formatting dokumennya. Keliatan ribet ya, iya juga sih, tapi format itu bias dipake berulang – ulang tanpa harus mengesetnya kembali untuk dokumen serupa yang lain.

Nah, untuk memudahkan membuat dokumen memanfaatkan TEX, ada Lyx yang lebih berbasis GUI, dan tidak perlu mengerti bagaimana membuat dokumen dengan TEX, yang penting semua setting tex dibantu oleh Lyx, dan tinggal bagaimana menggunakan/menulisnya saja. Permasalahannya adalah bagaimana membiasakan diri dengan Lyx dan persoalan settingan awal yang agak ribet buat nuubi….

Lalu gimana sih memasang lyx di PC? Berikut ini adalah sedikit tutorial instalasi Lyx untuk Windows XP SP3, dan varian Linux.. selamat menikmati…

  1. Instalasi Lyx di Windows

    Lyx membutuhkan pustaka Miktex untuk dapat digunakan, kenapa, karena Lyx hanya antar muka sedangkan back endnya ditangani oleh Miktex. Apasih Miktex itu? Miktex adalah port atau varian dari Latex yang jalan di MS Windows. Lalu, caranya adalah sebagai berikut :

  • Install dulu Miktexnya, caranya bisa dengan netinstaller,Miktex Basic, maupun Full Installer. Kali yang netinstaller maka donlot dulu yang dibutuhkan dari repo, kalo basic installer hampir semua kebutuhan udah terpenuhi untuk instalasi Lyx, yang Full install, itu sebenarnya Miktex basic plus reponya di jadiin satu oleh temen di kaskus.

    • Netinstaller

      • Download dulu netinstallernya, lalu jalankan.
      • Setujui dulu eulanya lalu klik next.

      • Lalu pilih task download dan klik connections setting. Jika pake proxy jangan lupa setting proxynya, lalu ketik next

      • Setelah itu pilih install yang basic atau complete? Mending basic aja biar ga lama donlotnya,lalu next

      • Jika koneksi oke, maka akan muncul pilihan server yang mau di donlot, pilih yang local saja, bias kambing, atau lipi. Lalu next.

      • Lalu, pilih tempat dimana file donlotan mau di donlota dan di install

      • Lalu, ada informasi tentang server dan tempat yang tadi kita setting, kalo sudah tinggal donlot saja.

        Kalo sudah selesai silakan install dan tunggu selesai.

    • Basic installer, basic installer ga beda jauh sama install program di windows yang lain, tinggal donlot saja dan install, so simple. Kalo mau nambah paket, font dll, tinggal klik admin dan setting koneksi lalu pilih paket apa saja yang mau di install.
    • Full installer, full installer adalah Miktex yang udah semua paketnya ada, ini di buat oleh temen dari kaskus, jadi ga repot lagi mau nambah apa. Cuma mungkin ukurannya lumayan gede. Basic installer aja 160 MB.

  • Setelah Miktex oke, tinggal donlot dan install lyx, ga gede kok… install seperti install program windows yang lain.
  • Oke, tinggal jalankan Lyx nya…. Kira-kira kayak gini…

  • Cara lain install lyx yakni yang sekalian dibandel sama miktexnya…tapi saya belum coba…silakan coba ya.Donlotnya disini Lyx Bundle

2. Instalasi Lyx di Linux…

Instalasi Lyx di linux khususnya yang Debian dan turunanya lebih gampang, karena hanya tinggal cari di synaptic, dan centang lalu install… Texnya akan ikut keinstall sebagai dependensinya.. atau tinggal ketik apt-get install lyx di terminal.

Yang agak ribet kalo install lyx di Slackware, karena harus donlot install manual lyx nya, tapi Texnya udah ada di installer awalnya kok, tinggal donlot skrip .SlackBuilds dan sourcenya lalu jalankan.

Woke selamat menikmati

sumber :

1. kaskus

2. kaskus lagi

3. miktex

4. texlive

5. lyx

terima kasih pada

1. hollomanz

2. cipmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s