SLiM, Login Manager Penggganti GDM/KDM/XDM


Pastinya para pengguna linux ga akan bisa lepas dari paket satu ini,yakni display manajer, kecuali yang ga perlu GUI.Fungsi utamanya login manager adalah untuk menampilkan antar muka grafis buat milih user pas login atau pas pengen jadi user lain.Nah,paket jenis ini termasuk rare item di lingkungan FOSS yang dipake di GNU/Linux karena memang tidak terlalu banyak berhubungan sama user. Berikut ini adalah  tiga login manajer yang terkenal, yakni :

1. XDM =display manager paling sepuh, setua X sendiri karena memang bagian dari X dan dbuat pada tahun 1988.Berikut cuplikan dari wikipedia :

XDM (in full, the X Window Display Manager) is the default display manager for the X Window System. It is a bare-bones X display

manager. It was introduced with X11 Release 3 in October 1988, to support the standalone X terminals that were just coming onto the market. It was written by Keith Packard.

Because of its lack of user-friendliness, users of GNOME, KDE, Enlightenment or Window Maker tend to use GDM, KDM, Entrance or wdm instead of XDM.

2. GDM = Gnome Display Manager, bawaannya GNOME.

3. KDE = bawaannya KDE.

4. yang lain kayak Entrance (bawaannya E17), wdm (windowmaker), lxdm (lxde), belum terdengar gaungnya alias jarang dipake karena memang KDE yang paling dewasa saat ini KDE yang punya KDM dan GNOOOOME yang membawa GDM sebagai default display manejer.

Tapi ga ada salahnya kok, install display manajer lain, buat sekalian iseng, akan tetapi ada beberapa persyaratannya , yakni :

1. ketergantungan sama DE nya dan library khusus DE tersebut, rendah atau bahkan independen. Contooh= kalo ga pengen install KDE dan atau paket yang tergantung sama QT/KDElib/KDEcore, ya jangan sekali-kali install KDM karena bindingnya KDE kan lengket banget.

2. pastikan mudah konfigurasinya, misal :buat ngeganti tampilannya,dsb dsb..

3. pastikan dokumentasinya lumayan dan baca dulu…

4.pastikan ada yang make…

Nah,salah satu alternatif itu adalah SLiM alias Simple Login Manager, independen, dependensinya garewel, dan mudah di konfigurasi. Lalu, cara installnya bagaimana?Tergantung masing-masing distro dong, antara lain:

1.buat arch

pacman -S slim

2. buat debian dan turunannya

sudo apt-get install slim

atau lewat aptitude/synaptic juga boleh..

3. buat Slackware :

cari dulu skript dan sourcenya di slackbuild.org, lalu install dengan cara biasa :

ekstrak dulu skriptnya

terus ketik

./slim.SlackBuild, tunggu sampai selesai, terus ketik

installpkg /tmp/slim* buat installnya.

apakah udah beres?ternyata belum (khusus slackware ya, tapi arch juga), harus di konfigurasi dulu SLiMnya sbb:

1. edit dulu file /etc/rc.d/rc.4, dan tambahin ini di atas punyanya gdm

# Try to use SLiM login manager.  This comes first, because if SLiM is

# installed, then the user probably wants to use it by default:

if [ -x /usr/bin/slim ]; then

exec /usr/bin/slim

fi

2. edit file /etc/slim.confnya biar bisa mejeng dikit, terutama dibagian ini :

current theme, use comma separated list to specify a set to

# randomly choose from

current_theme       default


ganti defaultnya dengan thema-thema yang bisa didapat di sini http://slim.berlios.de/themes01.php.

contoh, saya make thema Flat, edit jadi seperti ini

current_theme       flat


3. edit juga bagian slim.conf yang ini, untuk mengatur windowmanager yang ada di .xintrc agar tampil dan dapat dipiih (pake F1). yang duluan yang jadi default. misalnya punya saya:

# Available sessions (first one is the default).

# The current chosen session name is replaced in the login_cmd

# above, so your login command can handle different sessions.

# see the xinitrc.sample file shipped with slim sources

sessions          gnome,pekwm,wmii


oke deh, silakan logout atau reboot…

dan beginilah jadinya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s